Part B di Listening Section dalam tes TOEFL berisi percakapan-percakapan panjang (Long Conversations). Biasanya, Part B terdiri dari dua atau tiga percakapan panjang yang diikuti oleh sejumlah pertanyaan pilihan ganda.
Topik percakapannya adalah tentang aspek-aspek kehidupan sekolah atau kuliah (seberapa sulit pelajarannya, bagaimana menulis makalah, dan sebagainya) atau tentang isu-isu terkini (pemanasan global, energi hijau, air bersih, dsb).
Berbeda dengan Part A, dimana percakapannya hanya terdiri dari satu atau dua kalimat, Percakapan Panjang di Part B terdiri dari beberapa kalimat. Kedua pembicara berdialog selama 2-3 menit. Umumnya, satu Percakapan Panjang diikuti oleh 3-5 pertanyaan.
Tujuan Part B ini adalah menguji kemampuan kita mengikuti dan memahami isi percakapan panjang mengenai satu topik.
Berikut strategi-strategi yang bisa kita pakai untuk mempermudah kita mengikuti percakapan dan menjawab pertanyaan di Part B dalam Listening Section.
Strategi pengerjaan Part B (Percakapan Panjang) dalam Listening Section tes TOEL bisa dibagi menjadi dua bagian: Sebelum Mendengarkan dan Sambil Mendengarkan.
Ada dua strategi yang harus diterapkan sebelum mendengarkan:
Sambil mendengarkan percakapan, kita perlu menerapkan 3 strategi:
1. STRATEGI SEBELUM MENDENGARKAN
Sebelum mendengarkan percakapan, kita tidak punya waktu banyak. Tapi, kita punya cukup waktu untuk menerapkan dua strategi: memperkirakan topik pembicaraan dan memperkirakan jenis pertanyaan. Kedua strategi ini harus diterapkan ketika rekaman audio memperdengarkan petunjuk pengerjaan dan contoh soal.Â
a. Memperkirakan Topik Pembicaraan
Kita akan lebih memahami isi percakapan jika kita tahu topik pembicaraannya. Untuk memperkirakan topik pembicaraan, kita harus mengambil kesimpulan dari pilihan jawaban yang ada. Misalnya, apakah topiknya tentang kehidupan sekolah, masalah sosial, atau liburan? Topik-topik ini bisa kita perkirakan dalam waktu yang relatif singkat.
b. Memperkirakan Jenis Pertanyaan
Kita akan lebih mudah mencari jawaban sambil mendengarkan Percakapan Panjang jika kita sudah memperkirakan jenis pertanyaannya. Memang tidak semua pertanyaan bisa kita perkirakan, tapi sebagian besar bisa kita perkirakan berdasarkan pilihan jawabannya.
Contoh
Perhatikan lima set pilihan jawaban berikut. Kelima soal ini mengikuti satu percakapan panjang. Kita harus memperkirakan topik pembicaraan dan jenis pertanyaan sebelum percakapannya dimulai.Â
1. A. Find work on campus
  B. Work in the employment office
  C. Help students find jobs
  D. Ask the woman questions
2. A. In the library
  B. In a classroom
  C. In a campus office
  D. In an apartment
3. A. No more than ten
  B. At least twenty
  C. Not more than twenty
  D. Up to ten
4. A. Every morning
  B. Afternoons and weekends
  C. When he’s in class
  D. Weekdays
5. A. Fill out a form
  B. Give her some additional information
  C. Tell her some news
  D. Phone her
Perhatikan kata-kata dan frase yang dicetak miring dalam pilihan jawaban di atas. Di dua dari lima soal, pilihan jawabannya mengandung kata-kata yang berhubungan dengan pekerjaan atau mencari pekerjaan. Tiga soal lainnya menanyakan waktu dan informasi rinci.
Setelah kita membaca pilihan-pilihan jawaban tersebut, kita bisa memperkirakan bahwa topik percakapannya mungkin berhubungan dengan LOOKING FOR A JOB ON CAMPUS.Â
Sekarang, kita perkirakan pertanyaan untuk tiap soal.
Soal nomor 1 kemungkinan menanyakan Apa yang mereka bicarakan?Â
Soal nomor 2 kemungkinan menanyakan Dimana percakapan itu berlangsung?
Soal nomor 3 kemungkinan menanyakan Jumlah. Kita tidak tahu jumlah apa yang ditanyakan, tapi kita bisa lebih memperhatikan ketika mendengar tentang jumlah di percakapan.
Soal nomor 4 kemungkinan menanyakan Kapan/Waktu. Kita tidak tahu yang ditanyakan waktu untuk melakukan apa. Tapi kita bisa lebih memperhatikan ketika mendengar tentang waktu di percakapan.
Soal nomor 5 kemungkinan menanyakan Apa yang dilakukan selanjutnya.
Setelah memahami materi diatas, kerjakan latihan berikut.
2. STRATEGI SAMBIL MENDENGARKAN
Setelah kita memperkirakan topik dan jenis pertanyaan, kita harus fokus mendengarkan isi percakapannya sambil mencari pilihan jawaban mana yang disebutkan di percakapan. Jika ada lebih dari satu pilihan jawaban yang kita dengar di percakapan, kita perlu mengingat informasi rincinya. Pilihan jawaban yang benar akan kita temukan setelah kita mendengar apa pertanyaannya.
Sambil mendengarkan, kita harus menentukan topik percakapannya. Informasi ini biasanya ada di kalimat pertama yang kita dengar (kalimat pengantar).
Lalu, kita harus menyimpulkan dan mengingat konteks situasi yang kita dengar.
Kita harus memikirkan Siapa yang berbicara?; Kapan percakapan itu dilakukan?; Dimana percakapan itu berlangsung; dan Apa sumber informasi untuk percakapan tersebut?
Ingat bahwa soal-soal percakapan panjang disusun berurutan. Artinya, pertanyaan/jawaban soal nomor 1 akan kita dengar di bagian awal dan pertanyaan/jawaban soal nomor 5 akan kita dengar terakhir.
Ada dua cara untuk mendengarkan Percakapan Panjang:
Kita harus memilih cara yang paling cocok untuk kita sendiri. Jika sambil membaca pilihan jawaban membuat kita malah tidak konsentrasi mendengarkan, jangan lakukan. Fokus saja mendengarkan percakapannya dan mengingat informasi rincinya.
Setelah memahami materi diatas, kerjakan latihan berikut.
Sedangkan untuk PART C terdiri dari beberapa Long Talks (Pembicaraan Panjang) yang disampaikan oleh satu orang. Long Talks berdurasi 3-5 menit, mencakup topik kehidupan sekolah/kuliah dan berita terkini. Bentuk Pembicaraan Panjang dalam tes TOEFLÂ beragam, termasuk ceramah, guru menerangkan pelajaran, seminar, pemandu wisata menerangkan objek wisata, dan sebagainya. Tiap Long Talks berisi informasi untuk 4-5 soal.
Karena Part C berisi pembicaraan panjang oleh satu orang, dan mengandung banyak informasi rinci, kita membutuhkan perhatian dan konsentrasi lebih.
Berikut strategi-strategi yang bisa diterapkan untuk mempermudah kita mengikuti Pembicaraan Panjang dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di Part C dalam Listening Section.
Strategi pengerjaan Part C (Long Talks) dalam Listening Section tes TOEL bisa dibagi menjadi dua bagian: Sebelum Mendengarkan dan Sambil Mendengarkan.Ada dua strategi yang harus diterapkan sebelum mendengarkan:
Sambil mendengarkan percakapan, kita perlu menerapkan 3 strategi:
1. STRATEGI SEBELUM MENDENGARKAN
Sebelum mendengarkan pembicaraan, kita tidak punya waktu banyak. Tapi, kita punya cukup waktu untuk menerapkan dua strategi: memperkirakan topik pembicaraan dan memperkirakan jenis pertanyaan. Kedua strategi ini harus diterapkan ketika rekaman audio memperdengarkan petunjuk pengerjaan dan contoh soal.Â
a. Memperkirakan Topik Pembicaraan
Kita akan lebih memahami isi percakapan jika kita tahu topik pembicaraannya. Untuk memperkirakan topik pembicaraan, kita harus mengambil kesimpulan dari pilihan jawaban yang ada. Misalnya, apakah topiknya tentang sejarah Amerika, sastra, atau kehidupan sekolah? Topik-topik ini bisa kita perkirakan dalam waktu yang relatif singkat dengan membaca pilihan jawaban.
b. Memperkirakan Jenis Pertanyaan
Kita akan lebih mudah mencari jawaban sambil mendengarkan Long Talks jika kita sudah memperkirakan jenis pertanyaannya. Memang tidak semua pertanyaan bisa kita perkirakan, tapi sebagian besar bisa kita perkirakan berdasarkan pilihan jawabannya.
Contoh
Perhatikan lima set pilihan jawaban berikut. Kelima soal ini mengikuti satu Long Talk. Kita harus memperkirakan topik pembicaraan dan jenis pertanyaan sebelum pembicaraan dimulai.Â
1. A. During a biology laboratory session
   B. In a biology study group
   C. On the first day of class
   D. Just before the final exam
2. A. Once a week
  B. Two times a week
  C. Three times a week
  D. For fifteen hours
3. A. To do the first laboratory assignment
  B. To take the first exam
  C. To study the laboratory manual
  D. To read one chapter of the text
4. A. Room assignments
  B. Exam topics
  C. Reading assigments  Â
  D. The first lecture
5. A. Exams and lab work
  B. Reading and writing assignments
  C. Class participation and grades on examination
  D. Lecture and laboratory attendance
Perhatikan kata-kata dan frase yang dicetak miring dalam pilihan jawaban di atas. Di hampir semua soal, pilihan jawabannya mengandung kata-kata yang berhubungan dengan lab works, exam, reading. Satu soal (soal nomor 2) berisi frekuensi (seberapa sering) sesuatu terjadi.
Setelah kita membaca pilihan-pilihan jawaban tersebut, kita bisa memperkirakan bahwa topik pembicaraannya mungkin berhubungan dengan THE REQUIREMENTS OF A BIOLOGY CLASS.Â
Sekarang, kita perkirakan pertanyaan untuk tiap soal.
Soal nomor 1 kemungkinan menanyakan When does the talk probably take place?Â
Soal nomor 2 kemungkinan menanyakan How often something happens?Â
Soal nomor 3 kemungkinan menanyakan What should be done atau What will they do?
Soal nomor 4 kemungkinan menanyakan Informasi rinci. Kita tidak tahu informasi rinci apa yang ditanyakan. Tapi kita bisa lebih memperhatikan ketika mendengar tentang kata-kata dalam pilihan jawaban ini.
Soal nomor 5 kemungkinan menanyakan informasi rinci juga.
Setelah memahami materi diatas, kerjakan latihan berikut.
2. STRATEGI SAMBIL MENDENGARKAN
Setelah kita memperkirakan topik dan jenis pertanyaan, kita harus fokus mendengarkan isi long talk sambil mencari pilihan jawaban mana yang disebutkan dalam pembicaraan. Jika ada lebih dari satu pilihan jawaban yang kita dengar diucapkan oleh pembicara, kita perlu mengingat informasi rincinya. Pilihan jawaban yang benar akan kita temukan setelah kita mendengar apa pertanyaannya.
Sambil mendengarkan, kita harus menentukan topik yang dibicarakan. Informasi ini biasanya ada di kalimat pertama yang kita dengar (kalimat pengantar) atau di kalimat pertama si pembicara.
Lalu, kita harus menyimpulkan dan mengingat konteks situasi yang kita dengar.
Kita harus memikirkan Siapa yang berbicara?; Kapan pembicaraan itu disampaikan?; Dimana pembicaraan itu disampaikan?; Mata pelajaran/kuliah apa yang berhubungan dengan yang dibicarakan?; dan Apa sumber informasi untuk pembicaraan tersebut?
Ingat bahwa soal-soal di Part C juga disusun berurutan. Artinya, pertanyaan/jawaban soal nomor 1 akan kita dengar di bagian awal dan pertanyaan/jawaban soal nomor 5 akan kita dengar terakhir.
Ada dua cara untuk mendengarkan Long Talks:
Kita harus memilih cara yang paling cocok untuk kita sendiri. Jika sambil membaca pilihan jawaban membuat kita malah tidak konsentrasi mendengarkan, jangan lakukan. Fokus saja mendengarkan dan mengingat informasi rincinya.
Sekarang, kerjakan latihan berikut.  Klik Play di audio di bawah, lalu jawab pertanyaan di bawahnya. Ingat, audio hanya bisa diputar sekali. Setelah selesai mengerjakan latihan, tontonlah video pembahasan dan penjelasannya.
Setelah memahami materi diatas, kerjakan latihan berikut.