Dalam pembelajaran ini kita akan membahas soal Reading yang berkaitan dengan ide dari teksnya. Pertanyaan tentang main idea atau gagasan utama, topik, judul, atau subjek dari teks merupakan jenis pertanyaan yang paling umum ada dalam bagian Reading. Mungkin juga terdapat pertanyaan tentang bagaimana informasi di suatu teks disusun atau tentang informasi mana yang termasuk bagian dari suatu paragraf.
Di pembelajaran ini kita akan membahas tentang menjawab pertanyaan gagasan utama dengan benar, dan mengenali penyusunan ide dari suatu teks.
1. Menjawab Pertanyaan Gagasan Utama dengan Benar
Dalam bagian Reading, hampir tiap teks pasti akan memiliki pertanyaan tentang gagasan utama dari teks. Pertanyaan ini bisa saja diinstruksikan dengan berbagai cara seperti, diperintahkan untuk mengetahui topic, subject, title, primary idea, atau main idea. Pertanyaan ini pada intinya menanyakan tentang apa poin utama yang ingin disampaikan oleh penulis di dalam teks. Karena teks yang digunakan dalam tes TOEFL biasanya ditulis dengan struktur yang baik, maka biasanya mudah untuk menemukan gagasan utama dengan mempelajari topic sentences teksnya yang biasanya muncul dalam awal tiap paragraf.
Jika teks hanya terdiri dari satu paragraf, Anda harus memperhatikan awal dari paragraf tersebut untuk menentukan gagasan utamanya. Perhatikan contoh berikut.
Teks:
In the philosophy of John Dewey, a sharp distinction is made between intelligence and reasoning. According to Dewey, intelligence is the only absolute way to achieve a balance between realism and idealism, between practicality and wisdom of life. Intelligence involves “interacting with other things and knowing them,” while reasoning is merely the act of an observer, “…a mind that beholds or grasps objects outside the world of things….” With reasoning, a level of mental certainty can be achieved, but it is through intelligence that control is taken of events that shape one’s life.
Pertanyaan
What is the topic of this passage?
A. The intelligence of John Dewey
B. Distinctions made by John Dewey
C. Dewey’s ideas on the ability of reason
D. How intelligence differs from reasoning in Dewey’s works
Pertanyaan ini menanyakan tentang topik bacaan. Karena bacaan ini hanya memiliki satu paragraf, Anda harus melihat kalimat pertama dari teks untuk menjawab pertanyaan ini. Kalimat pertama dari teks ini membahas perbedaan antara gagasan kecerdasan (intelligence) dan penalaran (reasoning) dalam filsafat John Dewey, sehingga kemungkinan besar ini adalah topiknya. Pemeriksaan cepat terhadap sisa kalimat dalam teks mengonfirmasi bahwa topik tersebut memang perbedaan antara intelligence dan reasoning. Sekarang Anda harus memeriksa setiap jawaban untuk menentukan mana yang paling mendekati topik yang telah Anda tentukan. awaban (A) hanya menyebutkan intelligence, sehingga ini bukan topiknya. Jawaban (B) menyebutkan perbedaan yang dibuat oleh John Dewey, tetapi tidak secara spesifik mengatakan jenis perbedaan apa. Jawaban (C) hanya menyebutkan reasoning, sehingga jawaban (C) tidak lengkap. Jawaban terbaik adalah (D); ide tentang bagaimana intelligence berbeda dari reasoning berasal dari kalimat pertama teks, yang menyebutkan a sharp distinction… between intelligence and reasoning (perbedaan tajam antara kecerdasan dan penalaran).
Jika sebuah teks memiliki lebih dari satu paragraf, Anda harus memperhatikan awal tiap paragraf untuk menentukan gagasan utamanya. Perhatikan contoh berikut.
Nitrogen fixation is a process by which nitrogen is continuously fed into biological circulation. In this process, certain algae and bacteria convert nitrogen into ammonia (NH3). This newly-created ammonia is then for the most part absorbed by plants.
The opposite process of denitrification returns nitrogen to the air. During the process of denitrification, bacteria cause some of the nitrates from the soil to convert into gaseous nitrogen or nitrous oxide (N2O). In this gaseous form, the nitrogen returns to the atmosphere.
Which of the following would be the best title for the passage?
A. The Process of Nitrogen Fixation
B. Two Nitrogen Processes
C. The Return of Nitrogen to the Air
D. The Effect of Nitrogen on Plant Life
Pertanyaan ini menanyakan tentang judul terbaik untuk bacaan. Dalam bacaan yang memiliki lebih dari satu paragraf, pastikan Anda membaca kalimat pertama dari setiap paragraf untuk menentukan subjek, topik, judul, atau ide utama.
Dalam contoh ini, kalimat pertama dari paragraf pertama menunjukkan bahwa paragraf pertama membahas proses fiksasi nitrogen (nitrogen fixation). Jika Anda hanya melihat paragraf pertama, Anda mungkin memilih jawaban pertama yang salah, karena itu hanya akan menjadi judul yang baik untuk paragraf pertama saja. Kalimat pertama dari paragraf kedua menunjukkan bahwa proses denitrifikasi (denitrification) dibahas dalam paragraf kedua. Jawaban ketiga salah karena pengembalian nitrogen ke udara adalah bagian dari proses denitrifikasi, dan ini hanya dibahas dalam paragraf kedua. Jawaban terakhir salah karena efek nitrogen pada kehidupan tumbuhan tidak dibahas dalam bacaan ini. Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah jawaban kedua; kedua proses nitrogen yang dibahas adalah fiksasi nitrogen, yang dibahas dalam paragraf pertama, dan denitrifikasi, yang dibahas dalam paragraf kedua. Maka jawaban yang terbaik adalah (B) Two Nitrogen Processes.
Setelah memahami materi diatas, silahkan kerjakan latihan berikut:
2. Mengenali Penyusunan Ide-Ide
Dalam bagian Reading mungkin akan terdapat pertanyaan tentang susunan ide-ide dalam suatu teks. Anda mungkin akan menemukan soal yang menanyakan tentang menentukan bagaimana ide di suatu paragraf berkaitan dengan ide di paragraf lainnya. Perhatikan contoh berikut.
Teks:
If asked who invented the game of baseball, most Americans would probably reply that it was their belief that Abner Doubleday did. They believe this because the story about Doubleday is part of the tradition of baseball.
Doubleday was given credit for this invention early in the twentieth century when sporting-goods manufacturer Spaulding inaugurated a commission to research the question of who invented baseball. In 1908, a report was published by the commission in which Abner Doubleday, a U.S. Army officer from Cooperstown, New York, was given credit for the invention of the game. The National Baseball Hall of Fame was established in Cooperstown in honor of Doubleday.
Today, most sports historians are in agreement that Doubleday really did not have much to do with the development of baseball. Instead, baseball seems to be a close relative of the English game of rounders and probably has English rather than American roots.
Pertanyaan:
In this passage
A. an idea is presented and then refuted
B. a concept is followed by examples
C. a cause is followed by an effect
A belief is supported with reasons
Pertanyaan ini berkaitan dengan bagaimana informasi diatur dalam bacaan. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu melihat ide utama dari masing-masing tiga paragraf. Ide utama paragraf pertama ditemukan dalam kalimat pertama paragraf pertama: bahwa jika ditanya siapa yang menemukan permainan bisbol, sebagian besar orang Amerika mungkin akan menjawab bahwa mereka percaya Abner Doubleday yang melakukannya. Ide utama paragraf kedua ditemukan dalam kalimat pertama paragraf kedua: bahwa Doubleday diberi penghargaan atas penemuan ini. Ide utama paragraf ketiga ditemukan dalam kalimat pertama paragraf ketiga: bahwa sebagian besar sejarawan olahraga sepakat bahwa Doubleday sebenarnya tidak banyak berkontribusi terhadap pengembangan bisbol. Jika Anda mempelajari informasi dalam kalimat pertama dari setiap paragraf, Anda dapat menentukan bahwa paragraf ketiga bertentangan atau membantah informasi yang disajikan dalam dua paragraf pertama. Oleh karena itu, jawaban (A) adalah jawaban terbaik untuk pertanyaan ini.
Setelah memahami materi diatas, silahkan kerjakan latihan berikut: